Koneksi Database Menggunakan ODBC

Assalamu'alaikum Wr Wb

Selamat datang kembali di web sibukngoding.com. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan materi tentang cara mengkoneksikan database menggunakan ODBC. Dalam pembuatan program berbasis dekstop seperti VB, delphi maupun java, kadang kala kita menggunakan database. Untuk menghubungkan antara database dengan aplikasi dekstop, kita harus menggunakan connector walaupun tidak semuanya tergantung Tool yang dipakai dalam pembuatan aplikasi dekstop. Nah kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara setting koneksi database MariaDB di ODBC. Dalam setting ODBC kita memerlukan sebuah driver namanya MySQL ODBC driver . Jadi Silahkan download dulu disini. dan jangan lupa diinstal jika belum ada. Untuk versi yang saya pakai adalah versi 5.3.10.
odbc

Sebelum membuat konektor, jangan lupa databasenya di buat dulu. Jika belum tahu caranya silahkan klik disini.Untuk membuat konektor Mysql ODBC, kita hasus masuk dulu ke ODBC Datasource Administrator. Ada banyak cara untuk masuk kesana, salah satunya kita bisa masuk dulu ke Control Panel Lalu Pilih System and Scurity.
Setelah Masuk ke System and Scurity Kita Pilih Admistratrive Tool
Setelah itu, kita Pilih ODBC Datasourcenya. Disini saya pakai yang 64bit, sesuai dengan windows saya. Jika punya teman-teman pakainya yang 32bit mungkin Cuma satu.
Atau cara termudah, Teman-teman klik start lalu di bagian search kita ketikkan "ODBC" seperti dibawah ini.
Cari Odbc
Setelah itu akan muncul jendela ODBC Data Sources nya seperti Dibawah ini, Untuk Membuat koneksi baru, kita klik tombol Add..
Klik Add
Setelah itu akan masuk kejendela create new Data source.
New Datasource
Kita Pilih dulu datasource ya. Karena kita ingin membuat Mysql ODBC connector, maka kita pilih yang MySQL ODBC 5.3 ANSI Driver. Jika punya teman-teman belum ada, kemungkinan belum diinstal, jadi silahkan untuk diinstal dulu. Untuk versi, teman-teman bisa pakai versi yang lain.

Jika sudah memilih Mysql ODBC drivernya, kita klik tombol Finish.
Mysql Odbc Driver
Setelah itu akan muncul jendela Mysql Connector seperti di bawah ini. 

jendela Mysql Connector
Silahkan diisikan, Untuk Contoh Pengisian Seperti Di bawah ini:
isi koneksi

Jika Sudah diisi, silahkan Klik Tombol Test untuk mengecek koneksi Anda
tes koneksi

Jika Muncul Koneksi sukses, berarti Koneksi Anda Berhasil
koneksi sukses
Jika masih error, silahkan periksa lagi Isinya. Lalu jika sudah koneksi sukses, Kita Klik Tombol OK
klik ok
Jika sudah benar, maka nama Data source akan muncul di jendela ODBC Data Source Administrator
koneksi di ODBC datasource Administrator
Jika sudah ada, DSN tersebut siap kita bisa gunakan di VB.net, Delphi 7 ataupun yang lainnya yang menggunakan database Mysql atau MariaDB.

Demikian postingan saya kali ini. Semoga bermanfaat dan apabila ada pertanyaan, bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Jangan lupa untuk mengunjungi web sibuk ngoding untuk mendapatkan artikel pemrograman lainnya. Sesibuk-sibuknya anda ngoding, jangan lupa ibadahnya.

Terimakasih atas kunjungannya, Selamat Belajar, Tetap semangat dan jangan mudah menyerah.

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Comments