Membuat Database MariaDB Dengan PHPMyadmin

Assalamu'alaikum Wr Wb

Selamat Datang di Web Sibukngoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat database MariaDB di PHPmyadmin. Mungkin Sebagian dari teman-teman belum familier dengan database MariaDB. MariaDB sebenarnya adalah pengembangan dari MySQL yang mungkin teman-teman sudah familier. Sejak diakuisisinya MySQL oleh Oracle pada September 2010, Monty Program sebagai penulis awal kode sumber MySQL memisahkan diri dari pengembangan dan membuat versi yang lebih mandiri yakni MariaDB. Jadi Secara garis besar sama saja dengan Mysql.  Di XAMPP yang terbaru sendiri juga sudah mengganti databasenya dengan MariaDB. Jadi kita harus biasakan, jika memang pakai MariaDB jangan menyebut dengan menggunakan Mysql. OK...
mariadb

Untuk membuat database melalui PHPMyadmin, kita bisa menggunakan aplikasi XAMPP. Pastikan teman-teman sudah download XAMPP nya. Jika belum silahkan download dulu disini. Untuk punya saya yang saya pakai adalah versi 5.6.36. Jangan lupa diinstal juga ya, hehe jangan hanya didownload saja. Setelah berhasil diinstal, silahkan teman-teman Buka XAMPP Control Panelnya.
Buka xampp control panel
Setelah itu muncul jendela XAMPP Control Panelnya, Pastikan Apache dan Mysqlnya dalam keadaan Start(Running). Jika belum silahkan kan di klik tombol start pada  bagian Apache dan mysqlnya sampai muncul tulisan Running seperti dibawah ini.
xampp running
Setelah itu kita masuk ke PHPMyadmin untuk pembuatan Databasenya, Sebenarnya kita bisa pakai CommandPrompt, Tapi kita coba yang mudah dulu. Untuk Masuk Ke PHPMyadmin ada 2 cara. Cara yang pertama kita bisa klik Tombol admin di Bagian MySql.
Nanti Otomatis akan masuk ke Browser seperti dibawah ini:
Atau Teman-teman bisa buka browser kesukaan teman-teman, bisa google chrome , Mozilla ,Opera atau yang lainnya lalu ketikkan localhost/phpmyadmin.
Setelah kita masuk ke halaman phpmyadmin, saatnya kita buat database dan tabelnya.

Untuk buat database, kita masuk ke tab basisdata/database lalu ketikkan nama databasenya, Setelah itu klik buat/create. 
Jika sudah dibuat, akan masuk ke halaman database yang telah kita buat.
Setelah Kita buat database, saatnya kita buat tabelnya. Untuk buat tabel, pastikan kita sudah masuk ke halaman database yang ingin kita buat tabelnya seperti gambar diatas. Jika sudah sesuai, kita masukkan nama tabel dan jumlah fieldnya lalu klik tombol kirim.
Setelah itu kita isikan isi tabel sesuai dengan yang kita inginkan
Bagi teman teman yang sudah mempelajari konsep database, saya rasa tidak akan menemui kesulitan dalam membuat tabel melalui Phpmyadmin. Jika sudah selesai mengisi field tabelnya, jangan lupa klik simpan/save di bawahnya.
Jika data yang diisikan benar, maka Tampilan setelah disimpan seperti berikut,
Jika ingin menambah tabel baru, kita bisa masuk ke halaman database yang kita buat tadi. Letaknya ada di samping . Kita pilih saja database yang telah kita buat tadi. Jangan salah pilih ya..!
Setelah kita masuk ke halaman database, kita tinggal buat tabel dengan cara memasukkan nama tabel dan jumlah fieldnya seperti tadi.
Nah itu tadi cara membuat database mariaDB di lewat PHPmyadin. Silahkan dicoba dan dipraktekkan untuk membuat database yang akan teman-teman gunakan nantinya.

Demikian Postingan saya kali ini, semoga bermanfaaat. Apabila ada ada pertanyaan, bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Jangan lupa tetap kunjungi web sibukngoding.com untuk mendapatkan artikel lainnya. Sesibuk-sibuknya anda ngoding, jangan lupa Ibadahnya..

Terimakasih atas kunjungannya, Selamat Belajar dan jangan mudah menyerah

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Comments