Program Menghitung Sisi Miring Segitiga Siku-siku dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman C++

Assalamu’alaikum Wr Wb

Selamat datang kembali di web sibukngoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh program menghitung sisimiring segitiga siku-siku dengan menggunakan bahasa pemrograman C++.

Dalam ilmu matematika, kita bisa menghitung sisimiring segitiga siku-siku. Fungsi sisi miring ini nanti yang akan kita akan gunakan dalam menghitung keliling segitiga siku-siku. Untuk menghitung sisi miring, maka harus diketahui dulu alas dan tingginya. Untuk rumus dalam matematika sebagai berikut:

Dari keterangan diatas, bisa diketahui bahwa rumus mencari sisi miring adalah akar dari sisi alas pangkat dua ditambah sisi tinggi pangkat dua. Kita bisa aplikasikan rumus tersebut dalam bahasa pemrograman C++. Untuk akar kita gunakan SQRT() dan untuk pangkat kita bisa menggunkan fungsi pow().

Fungsi sqrt cara penggunaanya adalah sqrt(variabel_akar). Untuk fungsi pow cara penggunaanya adalah pow(Variabel_yang_dipangkatkan, pangkat). Untuk pangkat, kita bebas menuliskan pangkat berapapun. Karena untuk menghitung sisi miring menggunkan pangkat dua, maka kita bisa menuliskan angka 2 dibagian pangkat. Jadi untuk rumus menghitung sisi miring segitiga siku-siku menggunkan bahasa C++ adalah c=SQRT(pow(a,2)+pow(b,2)). Untuk menggunakan fungsi tersebut, jangan lupa menambahkan header #include<math.h> diatas. Source code program keseluruhannya bisa dilihat dibawah ini. Source code dibawah ini telah jalan dan di tes di borland c++ 5.02.
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <math.h>
main()
{
float a,t,c;
clrscr();
cout <<"Program Menghitung Sisi Miring Segitiga Siku-Siku" <<endl;
cout <<"=================================================" <<endl;
cout <<"Masukkan alas segitiga   : ";
cin >> a;
cout <<"Masukkan tinggi segitiga : ";
cin >> t;
c = sqrt(pow(a,2)+pow(t,2));//rumus sisi Miring
cout <<"==================================================" <<endl;
cout <<"Hasilnya adalah : " << c <<endl;
getch();
}


Jika dijalankan, hasilnya sebagai berikut:

Setelah itu kita masukkan alas dan tingginya, setelah dienter akan muncul sisi miringnya.


Demikian tadi program menghitung sisi miring segitiga siku-siku semoga bermanfaat. Silahkan dipelajari dan jika ada pertanyaan, silahkan ditanyakan lewat kolom komentar. Jangan lupa untuk mengunjungi web sibukngoding.com untuk mendapatkan contoh program lainnya.

Terimakasih atas kunjungannya, selamat belajar dan jangan mudah menyerah.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Comments