Aplikasi Penjualan dengan VB.net dan MariaDB V1: Pembuatan Database dan Tabel


Assalamu’alaikum Wr Wb

Selamat datang di web sibukngoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial membuat Aplikasi Penjualan menggunakan bahasa pemrograman VB.net dan Database Maria DB. Dalam pembuatan Aplikasi ini, tentu saja banyak langkah yang harus dilalui. Jadi nanti akan dibagi menjadi beberapa part atau postingan. Untuk Aplikasi nanti terdiri dari data barang, data pelanggan, data pemasok, transaksi penjualan, transaksi pembelian dan laporan-laporan. Insya Allah nanti akan selalu saya update sehingga akan selesai lebih cepat. Program ini saya buat menggunakan VB.net 2010 dan menggunakan database MariaDB atau bisa pakai MySql

Untuk langkah pada postingan awal adalah pembuatan database dan tabelnya. Untuk cara pembuatannya, bisa dilihat postingan saya sebelumnya disini. Adapun database yang saya buat bernama db_penjualan. Lalu tabelnya sebagai berikut:

Tabel barang
Digunakan untuk menyimpan data barang yang akan dijual. Tabel barang terdiri dari 6 field yaitu kode_barang sebagai primaryKey, nama_barang, stok, satuan, harga_beli, dan harga_jual. Untuk detailnya sebagai berikut:
Tabel pelanggan
Tabel pelanggan digunakan untuk menyimpan data pelanggan. Tabel pelanggan terdiri dari 4 field yaitu kode_pelanggan sebagai primary Key, nama pelanggan, alamat dan no_hp. Untuk detailnya sebagai berikut:
Tabel pemasok
Tabel pemasok digunakan untuk menyimpan data pemasok. Tabel pemasok terdiri dari 4 field yaitu kode_pemasok sebagai primaryKey, nama_pemasok, alamat dan no_hp. Untuk detailnya sebagai berikut:
Tabel pembelian
Tabel pembelian digunakan untuk menyimpan data pembelian. Tabel pembelian terdiri dari 5 field yaitu no_pembelian sebagai primaryKey, tanggal_pembelian, kode_pemasok, total_barang dan total_harga. Untuk detailnya sebagai berikut:
Tabel detail_pembelian
Tabel detail_pembelian digunakan untuk menyimpan data barang yang telah dibeli. Tabel detail_pembelian terdiri dari 5 field yaitu no_pembelian, kode_barang, qty, harga_barang dan sub_total. Untuk detailnya sebagai berikut:
Tabel Penjualan
Tabel penjualan digunakan untuk menyimpan data penjualan. Tabel penjualan terdiri dari  5 field yaitu no_penjualan sebagai primaryKey, tanggal_penjualan, kode_pelanggan, total_barang dan total_harga. Untuk detailnya sebagai berikut:
Tabel Detail_penjualan
Tabel detail_penjualan digunakan untuk menyimpan data barang yang telah dijual. Tabel detail_penjualan terdiri dari 5 field yaitu no_penjualan, kode_barang, qty, harga_barang dan sub_total. Untuk detailnya sebagai berikut:
Tabel User
Tabel user digunakan untuk menyimpan data pengguna aplikasi penjualan. Tabel user terdiri dari 4 field yaitu kode_user sebagai primaryKey, username, password,  dan hak_akses. Untuk hak akses user nanti bisa sebagai admin atau sebagai kasir. Untuk detail tabelnya sebagai berikut:
Untuk Relasi Tabelnya sebagai berikut:
Demikian tadi tabel-tabel yang digunakan dalam pembuatan aplikasi penjualan. Tentu saja aplikasi ini masih sederhana dan berharap bisa dikembangkan lagi. Jika ada pertanyaan, bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Dan jangan lupa untuk kunjungi web sibukngoding.com untuk mendapatkan materi selanjutnya.
                                                                                      
Terimakasih atas kunjungannya, Selamat belajar dan jangan mudah menyerah.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Comments