Aplikasi Penjualan dengan VB.net dan MariaDB V1: Membuat Form Pengolahan Data Barang Part 1


Assalamu’alaikum Wr Wb

Selamat datang di Web sibukngoding.com. Pada postingan kali ini akan melanjutkan pembuatan Aplikasi Penjualan menggunakan Vb.net dan database MariaDb. Pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang pembuatan project dan modul koneksi. Jika sudah bisa, kita masuk ke pembuatan form pengolahan barang. Data barang ini yang akan diproses dalam form transaksi baik transaksi penjualan maupun pembelian.
Sebelum membuat form pengolahan barang, silahkan di buka kembali project penjualan yang telah dibuat sebelumnya. Setelah itu tambahkan form baru dengan cara klik Project-> Add Windows Form
Pilih windows Form dan masukkan nama formnya kemudian tekan tombol add

Setelah itu buat form Pengolahan Data Barang seperti berikut:

Pada gambar di atas Saya hanya menggunakan 4 buah tombol yaitu Simpan, Batal, Hapus dan Keluar. Disini saya tidak memakai tombol Edit atau Update karena tombol Simpan disini mempunyai dua aksi yaitu Simpan dan juga Update. Logikanya adalah jika data belum ada, maka Simpan data baru. Jika data sudah ada, maka update data yang sudah ada. Penjelasan lebih lengkapnya pada coding.

Selanjutnya atur Properties pada beberapa toolbox yang ada di Form_Barang seperti berikut :
ToolBox
Properties Name
Properties Text
Form1
frmbarang
Data Barang
TextBoxt1
txtkodebarang
" " 
TextBoxt2
txtnamabarang
" " 
TextBoxt3
txtstok
TextBoxt4
txthargabeli
TextBoxt5
txthargajual
TextBox6
txtcari
" " 
ComboBox1
cbsatuan
" " 
Button1
btsimpan
Simpan
Button2
btbatal
Batal
Button3
bthapus
Hapus
Button4
btkeluar
Keluar
Tujuan dari pemberian Properties Name pada Toolbox adalah untuk mencegah kebingungan penggunaan toolbox (terutama TextBox) dan juga untuk mempermudah dalam mengingatnya. Untuk source code nya akan saya jelaskan di postingan selanjutnya. Jika ada pertanyaan tentang pembuatan Form Pengolahan Data Barang bisa ditanyakan lewat kolom komentar.

Terimakasih atas kunjungannya, Selamat belajar dan jangan mudah menyerah

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Comments