Aplikasi Penjualan dengan VB.Net dan MariaDB V1 : Membuat Form Transaksi Pembelian Part 1


Assalamu’alaikum Wr Wb
Selamat Pagi, Siang dan Sore, Selamat datang di Web Sibukngoding.comPada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan seri pembuatan Aplikasi Penjualan dengan menggunakan VB.Net dan database MariaDB. Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan tentang pembuatan form barang, pemasok, pelanggan dan transaksi penjualan. Untuk kali ini saya akan menjelaskan tentang pembuatan form transaksi pembelian. Pastikan teman-teman sudah membuat database pembelian terlebih dahulu di PHPMyAdmin.
Jika sudah silahkan buat form baru dengan nama FormPembelian lalu buat formnya kurang lebih seperti di bawah ini :
Pada form di atas terdapat 4 tombol. Yang pertama adalah tombol plus (+) yang berfungsi untuk memasukkan data barang yang dibeli dari pemasok ke dalam Datagridview. Lalu tombol min (-) berfungsi untuk menghapus barang yang tidak jadi diinputkan ke Datagridview. Kemudian tombol simpan berfungsi untuk menyimpan data transaksi pembelian ke dalam database. Dan tombol keluar yang tentunya berfungsi untuk keluar dari aplikasi.


Selanjutnya atur properties pada beberapa toolbox yang ada di FormPembelian seperti berikut :

Tujuan dari pemberian nama properties adalah agar teman-teman tidak bingung pada saat penggunaan toolbox (terutama TextBox) dan juga untuk mempermudah kalian untuk mengingatnya. Untuk source code nya akan saya bahas di postingan selanjutnya. Jika ada pertanyaan tentang pembuatan Form Transaksi Pembelian bisa ditanyakan lewat kolom komentar.

Terimakasih atas kunjungannya. Selamat belajar dan jangan mudah menyerah.

Wassalamu’alaikum Wr Wb



Thank'S Christina Natalis Esti Utami 

Comments